PUBLICATIONS

JawaBarat

RILIS SURVEI PILGUB JABAR JULI 2017

Pada bulan juli 2017 Media Survei Nasional kembali mengadakan survei opini publik untuk melihat perkembangan terbaru preferensi publik Jawa Barat dalam menatap Pemilihan Gubernur Jawa Barat 2018 mendatang. Berikut hasilnya..
Selengkapnya…

kalbar

RILIS SURVEI PILKADA PROV KALIMANTAN BARAT 2018

Pada 5-12 Mei 2018, Median Survei Nasional melakukan survei opini publik untuk melihat potensi dan modal dasar dari 18 tokoh yang mulai muncul sebagai Bakal Calon Gubernur Kalimantan Barat 2018 yang akan menggantikan Cornelis yang telah memimpin Kalimantan Barat 10 tahun terakhir.
Selengkapnya…


RILIS SURVEI PILGUB NTB 2018 “KONTESTASI MENUJU PILGUB NTB MASIH SANGAT TERBUKA”

Pemilihan Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB) Tahun 2018 sudah dekat, hiruk pikuk  pesta demokrasi untuk menentukan Gubernur dan Wakil Gubernur NTB periode 2018-2023 mulai terdengar. Sejumlah nama sudah muncul, mulai dari baliho yang di pasang di pertigaan jalan, hingga publikasi di Media Massa. Namun, lebih penting dari itu adalah bagaimana memperoleh aspirasi dari publik untuk membangun NTB lebih baik 5 tahun mendatang..
Selengkapnya…

RILIS HASIL SURVEI PILKADA DKI JAKARTA “ 3 HARI JELANG PILGUB, SUARA AHOK-DJAROT NAIK TAJAM. MUNGKINKAH ANIES-SANDI DISALIP ?“

Sepekan terakhir jelang hari pencoblosan adalah salah satu momen terpenting dalam pilkada. Pada sepekan terakhir inilah tensi politik umumnya mencapai puncaknya, berbagai upaya terakhir dilakukan oleh masing masing calon dan tim suksesnya guna meraih simpati publik. Pada sepekan terakhir ini pulalah umumnya debat kandidat terakhir dilaksanakan.
Selengkapnya…


Untitled

RILIS HASIL SURVEI PILKADA DKI JAKARTA 2017 “ PARADOKS PRILAKU PEMILIH PILGUB DKI 2017 : ADU KUAT PEMILIH RASIONAL VS PEMILIH EMOSIONAL “

Dengan asumsi proporsi demografi penduduk DKI Jakarta berpendidikan SMU ke atas adalah 47,3% dengan tingkat ekonomi yang cukup tinggi, pemilih di DKI Jakarta seharusnya masuk dalam kategori pemilih Rasional. Namun pada kasus PILGUB DKI JAKARTA 2017 tidak demikian adanya. Hasil survei Media Survei Nasional memotret adanya anomali dan paradoks pada perilaku pemilih DKI Jakarta 2017.
Selengkapnya…


PUBLIKASI SEBELUMNYA