TRIBUNNEWS.COM | Rabu, 5 Maret 2014. Survei Media Survei Nasional (Median) mengungkapkan elektabilitas Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan, mengungguli partai politik peserta Pemilu 2014 lainnya. PDI Perjuangan unggul dengan elektabilitas sebesar 21,4 persen. Menariknya lagi, kata Direktur Riset Median Sudarto, PDI Perjuanganmenjadi partai nomor satu yang menjadi pilihan masyarakat yang berdomisili di Pulau Jawa.

Sementara parpol yang paling mendekati elektabilitas PDI Perjuanganadalah, Partai Golongan Karya (Golkar). Bedanya, partai berlambang pohon beringin itu dominan menjadi pilihan warga di luar Pulau Jawa.

“Kalau dilihat dari sebaran teritorial, PDIP lebih menguasai pemilih di Pulau Jawa. Diikuti Golkar 13,8 persen, dan PKB 6,7 persen,” kata Sudarto, di Kawasan Cikini, Jakarta Pusat, Selasa (4/3/2014).

Sudarto mengatakan, untuk pemilih di luar Pulau Jawa Golkar lebih menguasai dengan persetase sebesar 21,6 persen, PDIP 20,1 persen dan Gerindra 7,6 persen.

Kemudian diikuti Demokrat dengan pemilih di Pulau Jawa 6,1 persen, luar Jawa 5,2 persen. PKS meraih 3,8 persen suara warga di Pulau Jawa, 6,4 persen di luar pulau.

PKB mendapat 6,7 persen suara di Jawa, dan 3,2 persen di luar Jawa. PPP meraih 6,1 persen di Pulau Jawa dan luar Jawa 3,8 persen. Hanura mendapat 4,2 persen di Pulau Jawa dan 5,5 persen di luar.

Sudarto menjelaskan, surveinya dilakukan pada 28 Januari hingga 15 Februari 2014 dengan melibatkan 1.500 responden warga negara Indonesia.

Ia menjelaskan, sampel dipilih secara random dengan teknik multi stage random sampling dan proporsional dengan Margin of error sebesar +/- 2,57 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen.

Lebih jauh Sudarto mengatakan survei Median dilakukan dengan menggunakan kuesioner dengan metode face to face interview.

Ia mengatakan, Median survei mengelaborasi tingkat dukungan terhadap partai politik. “Kami ingin mengetahui tingkat dukungan masyarakat terhadap partai politik,” ucapnya.

SHARE
Previous articleMembaca Pertarungan Pilgub Jabar
Next article

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here